Reksa Dana, Investasi yang Paling Mudah dan Terjangkau

reksa dana, investasi mudah dan terjangkau

Hadirnya reksa dana atau mutual fund bertujuan untuk menghimpun dana secara masif dari seluruh lapisan masyarakat. Sasaran utamanya yaitu nasabah investasi ritel yang memiliki keterbatasan dana dalam berinvestasi.

Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 1996, jumlah minimal investasi di reksa dana adalah Rp1 juta. Tentu bukan jumlah yang kecil pada saat itu. Namun sekitar 10 tahun yang lalu, jumlah minimal investasi untuk tiap pembelian unit reksa dana turun menjadi Rp100.000, bahkan saat ini beberapa produk bisa dibeli dengan hanya Rp10.000.

Hingga tahun 2015 produk reksa dana dapat dibeli melalui perusahaan manajer investasi, perusahaan sekuritas dan perbankan sebagai agen penjual reksa dana. Kebanyakan masih diperjualbelikan secara offline dan investor harus mengisi formulir tertulis untuk transaksi beli dan jualnya. Tentu agak tidak praktis untuk seseorang dengan banyak kesibukan, apa lagi di jaman sekarang.

Saat ini pembelian dan penjualan kembali reksa dana sudah dapat dilakukan secara online. Begitu pula untuk pembukaan rekening reksa dana atau Single Investor iDentity (SID). Investor tidak perlu bertemu atau tatap muka dengan petugas dari agen penjual reksa dana. Dokumen yang dibutuhkan pun hanya kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Selain itu, investor tidak diwajibkan menyetorkan saldo minimum, tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, bahkan tidak dikenakan biaya transaksi. Bandingkan dengan produk keuangan lainnya, terutama tabungan dan deposito bank yang mengharuskan saldo minimum dan biaya administrasi bulanan.

Platform Investasi Reksa Dana yang Aman dan Simple

Keuntungan dan kemudahan berinvestasi di reksa dana bisa kamu dapatkan di tanamduit.

Platform investasi tanamduit dimiliki dan dikelola oleh PT Star Mercato Capitale, sebuah perusahaan yeng memperoleh ijin sebagai perusahaan efek khusus sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dan ijin transaksi online dari Otoritas Jasa Keuangan pada bulan September 2017 yang lalu.

Sekarang bukan jamannya nunda-nunda investasi karena ribet! Dengan aplikasi tanamduit, investasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Transaksinya mudah, nilai pembeliannya sangat terjangkau dan aman karena terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Baca juga 7 hal tentang reksa dana yang perlu kamu tahu dan berbagai artikel reksa dana lainnya untuk mempelajari lebih dalam mengenai investasi reksa dana.