Investasi Halal Nggak Harus Mahal, Ini Beberapa Pilihan Produk Investasi Syariah Buat Kamu!

investasi-syariah-tanamduit

Investasi adalah sebuah solusi menambah pemasukan secara pasif. Untuk kamu yang ingin berinvestasi sesuai syariat Islam, ada loh pilihan produk-produk investasi syariah.

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk mempersiapkan masa depan. Jadi berinvestasi, sebagai bagian dari persiapan untuk masa depan, tentu diperbolehkan dalam Islam dengan syarat didasarkan pada ajaran Islam yang berlandaskan kejujuran, ketulusan, kepercayaan dan tanpa paksaan. Selain itu, berdasarkan berbagai fatwa DSN-MUI mengenai investasi syariah, dalam investasi syariah ada beberapa prinsip yang harus ditaati yaitu tidak melibatkan unsur-unsur berikut:

  • Unsur yang dilarang menurut ajaran Islam (Haram),
  • Perhitungan bunga (Riba),
  • Unsur yang bersifat judi (Maisyir),
  • Unsur yang bersifat tidak jelas/spekulatif/penipuan (Gharar),
  • Transaksi yang mengandung ketidaktahuan salah satu pihak yang terlibat (Tadlis),
  • Kegiatan peningkatan keuntungan yang didasari manipulasi jumlah suplai untuk mendorong harga jual lebih tinggi (Ikhtikar),
  • Kegiatan peningkatan keuntungan yang didasari manipulasi jumlah permintaan untuk mendorong harga jual lebih tinggi (Najasy),
  • Transaksi gratifikatif (Risywah)
  • Kegiatan yang bersifat menganiaya hak orang lain (Zhulm)
  • Kegiatan yang bersifat merugikan orang lain (Mudharat)

Seluruh industri keuangan syariah di Indonesia diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang disertifikasi oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Berbagai Pilihan Produk untuk Investasi Syariah

Ada berbagai macam pilihan produk investasi berbasis prinsip syariah, seperti investasi di bidang properti, pertambangan, pertanian, dan bidang-bidang lainnya yang transaksinya sesuai syariah.

Di antara banyaknya pilihan investasi tersebut, berikut ini 3 produk yang bisa jadi pilihan produk syariah untuk investasi yang halal, nggak mahal, dan menguntungkan.

Investasi emas

Kamu bisa berinvestasi emas dengan membelinya di gerai resmi seperti Antam atau Pegadaian. Selain itu, kamu juga bisa membeli emas secara kredit atau dicicil loh! Hal ini berdasarkan fatwa DSN-MUI No. 77/DSN-MUI/V/2010 yang menyatakan bahwa jual-beli emas secara tidak tunai diperbolehkan karena emas bukan merupakan alat tukar (uang) di Indonesia, sehingga diperlakukan layaknya seperti barang biasa.

Reksa dana syariah

Reksa dana syariah termasuk salah satu instrumen investasi yang sesuai syariat Islam. Hal ini tercantum dalam fatwa DSN-MUI No. 20/DSN-MUI/IX/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi Untuk Reksadana Syariah. Salah satu alasannya adalah modal yang ditanamkan dikelola secara produktif dan pengelolaan dilakukan secara transparan. Pernyataan kesesuaian dengan syariah dan informasi mengenai dewan pengawas syariah dapat dilihat di prospektus tiap produk reksa dana syariah.

Untuk mengenali produknya, biasanya produk reksa dana syariah memiliki nama produk yang mencantumkan kata “Syariah” atau “Sharia”. Di tanamduit, kamu bisa menemukan berbagai pilihan produk reksa dana syariah berkinerja baik dengan minimal pembelian Rp10.000 loh!

SBSN (Surat Berharga Syariah Negara)

Berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 69/DSN-MUI/VI/2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), produk yang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia ini sudah sesuai dengan prinsip syariah. Salah satu bentuk SBSN adalah Sukuk Tabungan yaitu produk investasi syariah yang ditawarkan kepada Warga Negara Indonesia perorangan (individu). Minimal pembeliannya pun disesuaikan dengan para investor ritel yaitu Rp1.000.000. Investasi Sukuk Tabungan bisa menjadi alternatif tabungan yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Di awal tahun 2019, tepatnya di bulan Februari lalu, pemerintah Republik Indonesia telah sukses menerbitkan Sukuk Tabungan seri ST-003. Menurut informasi yang dirilis oleh Kementerian Keuangan RI, total volume pemesanan pembelian ST-003 mencapai Rp3.127.293.000.000. Jika dilihat dari usia, investor dari generasi Milenial mendominasi dengan porsi mencapai 51,74% dari total jumlah investor atau sebanyak 7.209 investor.

Hal ini membuktikan investasi di Sukuk Tabungan ternyata diminati oleh investor milenial.

Jika kamu juga tertarik berinvestasi di Sukuk Tabungan, kamu bisa ikut berinvestasi di Sukuk Tabungan seri ST-004 yang sedang ditawarkan sejak tanggal 3 Mei hingga 21 Mei 2019.

Mulai Investasi Syariahmu Sekarang!

Sekarang kamu sudah tahu ‘kan produk-produk investasi syariah. Informasi lengkap mengenai produk syariah di pasar modal juga bisa kamu akses di https://www.idx.co.id/idx-syariah/produk-syariah/.

Nah, ini saatnya kamu memulai investasi. Kamu bisa mulai dari investasi syariah yang tidak membutuhkan dana besar, yaitu reksa dana syariah dan sukuk tabungan melalui tanamduit. Download aplikasi tanamduit di Play Store dan App Store untuk buka rekening investasi sekarang.