Punya Banyak Rekening Bank, Memang Perlu?

batasi-jumlah-rekening-bank

Kebanyakan  orang  memiliki  rekening bank  lebih  dari  satu.  Apakah  kamu salah  satunya? Sebenarnya perlukah kita memiliki banyak rekening bank?

Rekening di bank memang memudahkan kamu untuk menyimpan uang. Apalagi dengan memanfaatkan kemudahan tarik tunai dan transfer di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking, internet banking, dan lain-lain. Bahkan ada bank yang memberikan fasilitas asuransi dalam produk tabungannya. Namun, memiliki banyak rekening bank sebenarnya tidak perlu. Alasannya bukan hanya karena bikin dompet kamu penuh dengan kartu debit, punya banyak rekening juga bisa jadi beban tambahan buat finansial kamu. Tanpa kita sadari, biaya administrasi bank memakan biaya cukup besar, lho.

Umumnya, biaya administrasi untuk satu rekening tabungan berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000 setiap bulan. Terlihat kecil? Tapi jangan remehkan biaya yang terkesan kecil itu. Jika kamu punya lima rekening tabungan, kamu bisa mengeluarkan Rp600.000 sampai Rp1,2 juta untuk membayar biaya administrasi tabungan per tahun. Apalagi jika saldo tabunganmu nominalnya rendah. Biaya administrasi yang harus dibayarkan tidak akan sebanding dengan keuntungan yang kamu dapat.

Apalagi ada bank yang menerapkan rata-rata saldo minimum tabungan per bulannya. Bila tabungan kamu di bawah nominal minimum, kamu akan dibebankan denda dengan kisaran Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per bulan. Meski rekeningmu kosong, kamu tetap akan dibebankan denda dan tunggakan biaya administrasi.

Hindari Beban Biaya Tabungan yang Tak Perlu dengan Cara Ini

Untuk terhindar dari beban-beban biaya tersebut, ada baiknya kamu memilih jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila tidak membutuhkan tarik tunai atau transfer berjumlah besar dalam satu transaksi, kamu tidak perlu memilih rekening platinum atau sejenisnya. Sebab semakin besar plafon, semakin besar pula biaya administrasi yang harus kamu bayarkan.

Jika kamu adalah seorang pebisnis, gunakan rekening yang dibuat khusus untuk bisnis kamu. Dengan memperkirakan besarnya aliran dana ke rekening kamu, maka maksimal transaksi yang bisa dilakukan pun perlu disesuaikan dengan hal tersebut. Namun, rata-rata saldo minimum rekening ini lebih tinggi daripada rekening perseorangan.

Selain itu ada pula rekening untuk kamu yang menyimpan uang dalam bentuk valuta asing. Tabungan valuta asing tidak mengenakan biaya komisi jika kamu menyetor ataupun menarik. Untuk produk ini, biaya administrasi yang dikenakan pun dalam mata uang asing.

Nah, sudah tahu jenis rekening yang sesuai kebutuhanmu? Jangan sampai kamu memiliki banyak rekening bank tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan ya.

Daripada kamu rugi mengeluarkan biaya administrasi untuk mengoleksi rekening bank, lebih baik kamu pindahkan tabunganmu ke reksa dana pasar uang. Di tanamduit, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun untuk transaksimu. Kamu dapat berinvestasi tanpa harus mengkhawatirkan biaya administrasi bulanan. Cek tanamduit sekarang!