REKSA DANA

Yuk, Mengenal Investasi Reksa Dana!

kenali-reksa-dana

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata “reksa dana”, namun ragu-ragu saat ingin mencoba investasi di jenis aset yang satu itu. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Yuk, kenali dulu apa itu reksa dana, biar kamu nggak ragu lagi buat mulai investasi.

Asal Kata Reksa Dana

Reksa dana, berasal dari bahasa Sansekerta, “rekso” yang berarti menjaga. Sedangkan “dana” berarti uang. Jadi secara bahasa reksa dana punya arti “penjagaan uang” atau “perlindungan uang”, yang sebenarnya kurang tepat menggambarkan apa itu reksa dana. Dalam bahasa Inggris, reksa dana disebut dengan mutual funds, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi dana kolektif. Jadi, reksa dana adalah dana kolektif dari para investor yang diinvestasikan oleh manajer investasi ke surat-surat berharga yang diperdagangkan pasar modal.

Reksa dana bisa dibilang cara yang sangat efektif untuk berinvestasi. Bayangkan saja, jika dana investasi dihimpun dari ribuan investor mulai dari investor jumlah kecil hingga besar, dana yang dikelola manajer investasi bisa lebih besar dan hasil investasi lebih optimal dibandingkan kamu berinvestasi seorang diri. Sehingga pernyataan “tidak perlu menunggu memiliki uang banyak untuk berinvestasi” menjadi masuk akal. Berbeda dengan produk deposito, untuk memulainya saja kamu harus memiliki dana minimum 3 hingga 10 juta, tergantung di bank mana kamu menabung.

Keuntungan Investasi di Reksa Dana

Investasi reksa dana memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bentuk investasi lainnya, berikut beberapa di antaranya.

  1. Mudah. Kamu tidak perlu pusing memilih dan mengelola aset investasi, kamu hanya perlu menitipkan uangmu ke manajer investasi dalam bentuk produk reksa dana dan relaks! Biarkan manajer investasi yang mengelola dana kamu.
  2. Bebas ribet. Karena uang kamu dikelola oleh manajer investasi, merekalah yang mengalokasikan uangmu bersama uang investor lainnya ke berbagai instrumen investasi. Jadi kamu nggak perlu ribet mikirin investasimu tiap hari. Kamu bisa berkonsentrasi pada banyak hal lainnya, seperti karir, keluarga, kehidupan sosial, atau mengisi waktu luang dengan hal yang kamu suka!
  3. Fleksibel. Kamu bisa berinvestasi kapan saja dan mencairkannya kapan saja. Tidak seperti deposito yang punya jangka waktu. Pokoknya fleksibel!
  4. Terlindungi dari inflasi. Setiap tahunnya, inflasi bertumbuh sekitar 4%. Dengan berinvestasi, kamu bisa melindungi uangmu agar tidak habis tergerus inflasi. Bahkan, nilai investasi kamu punya potensi untuk bisa bertumbuh jauh lebih tinggi dari angka inflasi.
  5. Mengurangi risiko. Umumnya, portfolio reksa dana diinvestasikan di 50 sampai 100 efek dan bahkan pasar yang berbeda. Ini memberikan diversifikasi jauh lebih banyak daripada yang bisa kamu lakukan sendiri.

Mudah ‘kan berinvestasi reksa dana? Di tanamduit, investasi bukan hanya mudah tapi juga nggak perlu modal besar. Kamu dapat berinvestasi mulai dari Rp50.000. Tunggu apa lagi? Mulai investasi melalui tanamduit sekarang!

Ingin tahu lebih banyak tentang reksa dana? Baca berbagai artikel lainnya.