PERENCANAAN KEUANGAN

Inilah Alasan Kenapa Mempersiapkan Masa Pensiun Saat Usia 20-an adalah Ide Bagus

Kadang kita kesulitan membayangkan apa yang akan terjadi lima hingga sepuluh tahun ke depan. Apalagi 30 tahun lagi. Jadi bagi seseorang yang berusia 20-an, tampaknya konyol untuk mulai merencanakan masa pensiun dari sekarang. Saat kita baru selesai kuliah dan memulai karir misalnya, memandang masa pensiun rasanya seperti memandang bintang di langit, masih jauh banget pokoknya.

Eits, tapi jangan salah. Sama halnya dengan bintang, masa pensiun yang terlihat kecil atau sepele karena kita berjarak dengannya. Coba nanti saat sudah dekat, ada banyak masalah seputar masa pensiun yang harus kamu selesaikan. Jadi kenapa tidak mempersiapkannya dari sekarang selagi masih jauh?

Bagi kamu yang masih berusia 20-an, kamu punya banyak keuntungan jika memulai persiapan dana pensiun dari sekarang. Salah satu keuntungan yang kamu punya adalah waktu. Misalnya kamu ingin pensiun di usia 60 tahun dengan simpanan Rp 1 Milyar, kamu masih memiliki waktu 40 tahun untuk mengumpulkannya.

Dengan waktu sebagai senjata, jumlah kecil yang disimpan di tahun-tahun awal bisa terakumulasi menjadi jumlah yang besar saat mencapai masa pensiun. Misalnya, jika kamu mulai investasi di usia 25 tahun dengan nominal Rp 5.000.000 per tahun selama 5 tahun, dengan asumsi tingkat pengembalian rata-rata 10 persen, kamu dapat mengumpulkan Rp 30.525.500. Jika kamu tidak mencairkan investasi tersebut hingga usia 60 tahun (tanpa melakukan setoran lagi!), kamu akan mendapatkan Rp 585.916.902. Bayangkan jika kamu bisa menyisihkan 2 kali lipat untuk investasimu per tahun, simpanan Rp 1 Milyar untuk masa pensiun bukan hal yang mustahil.

Sebagai perbandingan, seandainya kamu menunggu sampai berusia 30 untuk mulai menyiapkan dana pensiun. Menyisihkan uang Rp 5.000.000 per tahun selama 7 tahun lalu membiarkannya hingga usia 60 tahun hanya akan memberikanmu Rp 467.230.491. Kamu memulai dengan modal yang lebih besar, tapi waktu yang lebih sedikit. Hasilnya, pertumbuhan investasi tidak semaksimal jika kamu memulai lebih awal.

Ya, mulai lebih awal memang lebih baik. Tapi yang terpenting adalah mulai dari sekarang. Jadi jika kamu sudah berusia 30 tahun dan merasa sudah terlambat untuk memulai, itu salah! It’s your sign. Jangan tunda lagi, mulailah investasimu sekarang.

Banyak orang masih memiliki pola pikir yang salah mengenai investasi. Mereka membagi gaji mereka untuk keperluan rumah, biaya belanja bulanan, biaya hiburan dan liburan, serta berbagai keperluan lainnya. Lalu uang yang tersisa disisihkan untuk investasi. Biasanya jumlahnya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Pola pikir itu harus diubah. Dana investasi itu disisihkan bukan disisakan. Saat gajian sisihkan terlebih dahulu dana untuk investasi, baru kemudian kamu bagi-bagi sisanya untuk keperluan lain. Pay your future first.

Jadi, siap mempersiapkan masa pensiunmu dari sekarang?