INVESTASI

Belum Investasi Syariah di Sukuk Tabungan ST002? Jangan Sampai Ketinggalan Masa Pembelian!

sukuk-tabungan-tanamduit

Ada beberapa faktor yang memengaruhi seseorang untuk memilih produk investasi. Selain keuntungan materi, ada pula yang mempertimbangkan prinsip-prinsip lain yang berkaitan dengan kepercayaan, seperti prinsip syariah dalam islam.

Melalui perusahaan penerbit Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), pemerintah akan menerbitkan Sukuk Tabungan seri terbaru yaitu ST002 yang dijual secara online. Tujuan penerbitan Sukuk Tabungan ini adalah untuk membiayai pembangunan berbagai proyek-proyek APBN di Indonesia. Selain itu, Sukuk Tabungan juga memberikan kesempatan investasi berbasis syariah kepada seluruh masyarakat Indonesia serta mengembangkan pasar keuangan syariah dalam negeri (dikutip dari https://www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan).

Keuntungan berinvestasi di produk Sukuk Tabungan ST002

  1. Pembelian minimum sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp1 juta. Nilai pembeliannya adalah kelipatan Rp1 juta dengan maksimal Rp3 miliar per investor.
  2. Sukuk tabungan merupakan produk investasi yang aman dengan risiko sangat rendah karena pembayaran pokok dan imbalannya dijamin oleh Undang-Undang.
  3. Sukuk ST002 memiliki jangka waktu dua tahun dan tidak dapat diperdagangkan.
  4. Tersedia fasilitas early redemption atau pencairan awal yaitu setelah satu tahun masa investasi dan hanya 50 persen dengan dana minimum tersisa Rp1 juta.

Investasi Syariah untuk Semua Orang

Walaupun dilabeli syariah, sukuk tabungan bisa dibeli oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa melihat latar belakang keyakinan. Ibarat makanan, beberapa orang memang berprinsip hanya memakan makanan halal karena keyakinannya, tapi makanan halal tentu boleh dimakan oleh semua orang. Jadi apa yang membedakan Sukuk Tabungan dan surat berharga/obligasi konvensional?

  • Struktur mirip dengan surat berharga/obligasi konvensional namun diatur dan terikat pada prinsip-prinsip syariah agar bebas dari unsur Haram, Riba (tambahan di luar akad), Maysir (spekulasi), dan Gharar (ketidakjelasan).
  • Imbal hasil berupa uang sewa (ujrah) dan akan dibayarkan secara rutin setiap bulan dan nilai pokok pinjaman akan dibayarkan pada saat jatuh tempo.
  • Akad yang membedakan sukuk dengan surat berharga konvensional adalah akad wakalah (perwakilan).

Pembelian Sukuk Tabungan hanya dapat dilakukan pada masa periode penawaran 1 – 22 November 2018. Nah, sambil menunggu masa penawaran, kamu dapat daftar dan buka rekening surat berharga terlebih dahulu. Yuk kunjungi https://sbnritel.tanamduit.com sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *